Takammul : Jurnal Studi Gender dan Islam Serta Perlindungan Anak
Vol 13, No 1 (2024): Takammul

Perempuan Kepala Keluarga, Kemiskinan dan Pemberdayaan di Aceh

Musdawati, Musdawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji isu gender dikalangan perempuan kepala keluarga dalam konteks pembangunan di Aceh, serta implikasinya terhadap pemberdayaan perempuan. Meskipun jumlah keluarga yang dipimpin oleh perempuan semakin meningkat, keberadaan mereka sering kali tidak diakui dalam kebijakan pembangunan. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan ketidakakuan ini, termasuk norma sosial yang patriarkal, kurangnya akses terhadap sumber daya ekonomi, dan minimnya representasi perempuan dalam pengambilan keputusan. Data menunjukkan bahwa mayoritas keluarga yang dipimpin oleh perempuan berada dalam kondisi kemiskinan, yang memperburuk ketidaksetaraan gender. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus dengan perempuan kepala keluarga di Aceh. Temuan menunjukkan bahwa pengakuan dan dukungan terhadap perempuan kepala keluarga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mendorong pemberdayaan perempuan secara keseluruhan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan yang lebih inklusif dan responsif gender untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh perempuan kepala keluarga, serta meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembangunan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

takamul

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

TAKAMUL is a journal of Gender and Child Studies is published by Pusat Studi Wanita Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. First published in 2012, this journal is published twice a year in June and December. This is a scientific communication media for enthusiasts and observers of gender ...