Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Elistiani (Unknown)
Makki, Muhammad (Unknown)
Saputra, Heri Hadi (Unknown)
Syazali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 20 orang dan peserta didik kelas IV B yang berjumlah 21 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan  data yaitu observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program analisis statistika SPSS 27.0 For Windows dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji normalitas memperoleh data penelitian berdistribusi normal. Data pretes kelas eksperimen memperoleh taraf signifkasi sebesar 0,076 > 0,05 data berdistribusi normal data posttest kelas eksperimen memperoleh taraf signifikansi 0,080 > 0,05 data berdistribusi normal. Data hasil pretest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,089 > 0,05 data berdistribusi normal, untuk data posttest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,062 > 0,05 maka  dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya uji Independen Sampel T-Tes,berdasarkan hasil analisi dapat diperoleh nilai sebesar 13,840 dengan derajat kebebasan df = n – 2 atau 41 – 2 = 39 pada taraf signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 hasil diperoleh  sebesar 2,455 sehingga > (13,840 > 2,455) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah“ ada pengaruh  model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...