Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 20 orang dan peserta didik kelas IV B yang berjumlah 21 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program analisis statistika SPSS 27.0 For Windows dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji normalitas memperoleh data penelitian berdistribusi normal. Data pretes kelas eksperimen memperoleh taraf signifkasi sebesar 0,076 > 0,05 data berdistribusi normal data posttest kelas eksperimen memperoleh taraf signifikansi 0,080 > 0,05 data berdistribusi normal. Data hasil pretest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,089 > 0,05 data berdistribusi normal, untuk data posttest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,062 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya uji Independen Sampel T-Tes,berdasarkan hasil analisi dapat diperoleh nilai sebesar 13,840 dengan derajat kebebasan df = n – 2 atau 41 – 2 = 39 pada taraf signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 hasil diperoleh sebesar 2,455 sehingga > (13,840 > 2,455) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah“ ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024