Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 6 No 1 (2024)

PENGEMBANGAN FLASHCARD BENDA KEARIFAN LOKAL BANJAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGIS KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Rini, Sulistyo (Unknown)
Qomario, Qomario (Unknown)
Salwa Azkia, Jayyida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Kemampuan mengingat dengan pengalaman belajar yang lebih menarik menyebakan fokus kegiatan pembelajarn kurang diminati. Menggunakan pengembangan flashcard menjadi sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran di kelas danmengetahui efektifitas siswa yang diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang lebih berkesan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan flashcard benda kearifan lokal banjar untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas 2 Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggukan metode Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan pengembangan produk analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian uji expert judgment ahli. diperoleh rerata penilaian oleh siswa atau pengguna yaitu sebesar 4,31 dengan kategori “Sangat Baik” sehingga kesimpulanya valid dan reliabel. Dari hasil uji efektivitas diketahui telah menguasai capaian kompetensi lebih dari 80%. Uji N- gain skor terhadap nilai pretest dan postest sebelum dan sesuah menggunakan media diperoleh hasil dari N-gain skor tehadap nilai pretest dan postest mendapat rerata nilai 0,82 dengan katagori “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan produk flashcard benda kearifan lokal banjar untuk pembelajaran bahasa inggis kelas 2 sekolah dasar memiliki kualitas yang baik dan layakan digunakan sebagai sumber belajar. Saran untuk penelitian lanjutan dapat dilakukan uji implementasi penggunakan media flashcard ke sekolah-sekolah dasar yang ada di Banjarmasin

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...