Journal of Gurutta Education
Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Gurutta Education (JGE)

Studi Literatur: Efektivitas Media Interaktif dalam Pembelajaran Tafsir untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa PAI

Karim, Bisyri Abdul (Unknown)
Ismail, Maryam (Unknown)
Anwar, M. Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran tafsir Al-Qur'an dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi menghadapi tantangan signifikan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran tafsir untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa PAI. Melalui studi literatur sistematis, penelitian ini mengkaji publikasi ilmiah terkini (2018-2023) dari berbagai database akademik seperti Scopus, Web of Science, dan Google Scholar. Kriteria inklusi meliputi studi empiris tentang penggunaan media interaktif dalam pembelajaran tafsir di tingkat perguruan tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif, seperti aplikasi mobile, platform e-learning, dan teknologi augmented reality, secara signifikan meningkatkan minat belajar mahasiswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas meliputi desain instruksional, kualitas konten, dan tingkat interaktivitas. Namun, integrasi media interaktif dengan metode tradisional masih menjadi tantangan. Penelitian ini mengidentifikasi kesenjangan dalam literatur, termasuk kurangnya studi longitudinal dan evaluasi komprehensif berbagai jenis media interaktif. Kontribusi utama penelitian ini adalah sintesis temuan terkini dan identifikasi area potensial untuk penelitian masa depan. Implikasi praktis meliputi rekomendasi untuk pengembangan kurikulum PAI berbasis teknologi dan strategi implementasi media interaktif dalam pembelajaran tafsir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media interaktif memiliki potensi besar untuk merevitalisasi pembelajaran tafsir, namun memerlukan pendekatan yang hati-hati dan kontekstual dalam implementasinya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jge

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Gurutta of Education: Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education Issues (e-ISSN: 2829-6737) It is published twice a year in June and December. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Masters Study Program of Islamic Religious Education Postgraduate ...