Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 10 No 1 (2024): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Capcut terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu

Nasution, Aida Rahmi (Unknown)
Meldiana, Tika (Unknown)
Nurlaila, Nurlaila (Unknown)
Supriatin, Atin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Minat memberi pengaruh signifikan dalam menentukan keberhasilan belajar dan juga berpotensi untuk menumbuhkan emosi positif yang mensitimulus terciptanya kondisi nyaman bagi siswa ketika menjalankan proses pembelajaran. Riset ini berfokus untuk mengilustrasikan: (1) Perbedaan minat belajar siswa menggunakan media audio isual berbasis Capcut dengan pembelajaran konvensional; (2) Pengaruh media audio isual berbasis Capcut terhadap minat belajar siswa kelas. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif berbasis true experimental design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dengan teknik analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji t (independent sample tes dan paired sample tes). Temuan penelitian menunjukkan; (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas eksperimen dengan mean 105,87 dan kelas kontrol dengan mean 92,93 dimana > dengan sig. 0,006<0,05, maka Ha diterima (kelas kontrol dan eksperimen memiliki perbedaan minat belajar). (2) Hasil uji t paired sample t-tes dimana mean 79,73 sebelum treatment dan sebesar 105,87 setelah treatment dimana > dengan sig. 0,0000<0,0005, maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan media terhadap peningkatan minat belajar siswa setelah treatment pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa aplikasi media visual berbasis Capcut dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Minat Belajar; Sekolah Dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...