ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APK BUILDER MATERI ALAT GERAK AKTIF DAN PASIF PADA MANUSIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN MANGGIS 2 PUNCU

HUMAIROH, SILKENANDA QURROTA ‘AINI AL (Unknown)
ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (Unknown)
NURMILAWATI, MUMUN (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

The purpose of this study was to determine the validity, practicality, and effectiveness of interactive Learning Media Based on APK Builder material on active and passive means of motion in humans learning Science Class V SDN Manggis 2 Puncu. from the results of the pretest that has been given that there are 86% of students who score below KKM and 13% of students who score above KKM. The trial conducted in this study was a limited scale trial of 6 students and a broad trial of 17 fifth grade students of SDN Manggis 2 Puncu. The data collection techniques used in this study were observation, interview, needs analysis questionnaire, material expert validation questionnaire, media expert validation questionnaire, teacher response questionnaire, student response questionnaire, and evaluation questions. The results of the study are as follows. (1) Media validity in the form of interactive media based on APK Builder obtained 91% media expert validation results and 88% material expert validation results. The average result obtained from the two validations is 88% and can be categorized as very valid and can be used. (2) The practicality of media in the form of interactive media based on APK Builder obtained results from teacher responses with a percentage of 97% and student responses with a percentage of 97%. The average result obtained from the two responses is 97% with a very practical category and can be used. (3) The effectiveness of the media in the form of interactive media based on APK Builder on a limited trial through a post test obtained an average of 92 with a very effective category to use. The conclusion from the results of this APK Builder-based interactive media research on active and passive human movement is declared valid, practical, effective and usable. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidasian, kepraktisan, dan keefektifan Media Pembelajaran interaktif Berbasis APK Builder materi alat gerak aktif dan pasif pada manusia pembelajaran IPA Kelas V SDN Manggis 2 Puncu. dari hasil pretest yang telah diberikan bahwa terdapat 86% siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dan 13% siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Uji coba yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji coba skala terbatas tehadap 6 siswa dan uji coba secara luas terhadap 17 siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa, dan soal evaluasi. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Kevalidan media berupa media interaktif berbasis APK Builder memperoleh hasil validasi ahli media 91% dan hasil validasi ahli materi 88%. Hasil rata- rata yang diperoleh dari kedua validasi tersebut adalah 88% dan dapat dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan. (2) Kepraktisan media berupa media interaktif berbasis APK Builder memperoleh hasil dari respon guru dengen presentase 97% dan respon siswa dengan presentase 97%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari kedua respon tersebut adalah 97% dengan kategori sangat praktis dan dapat digunakan. (3) Keefektifan media berupa media berupa media interaktif berbasis APK Builder pada uji coba terbatas melalui post test diperoleh rata-rata 92 dengan kategori sangat efektif untuk digunakan. Kesimpulan dari hasil penelitian media interaktif berbasis APK Builder materi alat gerak aktif dan pasif pada manusia ini dinyatakan valid, praktis, efektif dan dapat digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...