JUARA: JURNAL WAHANA ABDIMAS SEJAHTERA
Volume 5, Nomor 2, Juli 2024

PKM IKABOGA DALAM MEMBANGUN CITRA MELALUI PERSONALBRANDING DAN PERSONAL SOCIAL RESPONSIBILITY PENGUSAHAUMKM

Ganiem, Leila Mona (Unknown)
Hilderiah, Rosmawati (Unknown)
Syaifuddin (Unknown)
Hani, Rafika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

UMKM berperan penting dalam mendukung perekonomian lokal. Untuk menciptakan persepsi positif, pengusaha UMKM perlu aktif dalam membangun branding, yang mencakup pengelolaan citra, identitas, dan persepsi merek di mata publik. Namun, keterbatasan sumber daya sering menjadi hambatan dalam membangun personal branding yang efektif. Program kerjasama Universitas Mercu Buana dan UMKM Jasaboga IKABOGA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengusaha tentang Personal Social Responsibility (PSR) dan dampaknya pada branding serta citra perusahaan. Metode yang digunakan meliputi penyampaian konsep PSR, contoh implementasi, dan diskusi tentang keterlibatan peserta dalam kegiatan PSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSR memiliki dampak positif yang signifikan pada masyarakat sekitar, memperkuat citra perusahaan, meningkatkan keterlibatan komunitas, dan pembangunan ekonomi lokal. Melalui PSR, pengusaha UMKM dapat memperluas jaringan, meningkatkan pengenalan merek, dan memperkuat reputasi perusahaan, menjadikannya bagian integral dari strategi bisnis dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Environmental Science Social Sciences

Description

Berbagai permasalahan yang terkait dengan layanan masyarakat perlu ditangani dan dikelola dengan baik. Di lain pihak pengembangan dan penerapan ipteks, model, konsep, hasil penelitian dan pemikiran perlu diimplementasikan untuk meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta mitra dalam ...