SIMBIOSA
Vol 13, No 1 (2024): SIMBIOSA

Pengaruh Media Evaluasi Berbantu Aplikasi Kahoot! Terhadap Efikasi Diri Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah 1 Batam

Amelia, Amelia (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)
Syamsi, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media evaluasi berbantu kahoot! terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 1 Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Batam yang berjumlah 23 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal. Uji prasyarat analisis yang digunakan berupa uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi pearson product moment. Dari hasil analisis ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media evaluasi berbantu kahoot! terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran biologi di kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Batam. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji korelasi pearson product moment dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,0000, dimana hal ini menunjukkan terdapat korelasi antara hasil belajar dan efikasi diri siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media evaluasi berbantu kahoot! terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 1 Batam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...