Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 3 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas X IPS 1 SMAN 9 Pangkep

Hadizha, Aulya (Unknown)
Hamid, Muhammad Akbar (Unknown)
Ratnawati (Unknown)
Daddi, Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 9 Pangkep  Kecamatan Ma'rang. Dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS 1 SMA 9 Pangkep yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 9 perempuan Instrument yang digunakan adalah tes dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dipilih untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dalam bentuk Tindakan nyata yang akan dilakukan dengan menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Nilai rata-rata pada Hasil penelitian siklus I yaitu 73 dan nilai rata-rata pada siklus II 93,1 telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam menerapkan metode pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Teks Anekdot pada siswa kelas X IPS 1 SMA 9 Pangkep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...