Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan pada materi stoikiometri. Metode yang digunakan berupa deskriptif kuantiatif dengan menggunakan peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Pontianak yang berjumlah 36 orang sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen kemampuan pemecahan masalah yang disesuaikan dengan kemampuan pemecahan masalah Polya dan komunikasi langsung. Alat tes yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk studi kasus dan pedoman wawancara. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan instrumen kemampuan pemacahan masalah yang telah divalidasi. Hasil rata – rata analisis data yang diperoleh dari keempat indikator kemampuan pemecahan masalah pada kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 3 Pontianak berkategori sedang dengan nilai 70,32%.
Copyrights © 2024