Motorik kasar pada anak usia dini perlu dimaksimalkan perannya untuk mengembangkan kebutuhan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lari zig-zag pada anak kelompok B TK Wulele. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakulan II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik dengan jumlah 14 orang anak laki-laki 7 dan 7 anak perempuan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Pada siklus 1 sesuai dengan lembar observasi aktivitas mengajar guru diperoleh 78,57%. Sedangkan aktivitas belajar anak didik sesuai lembar observasi di peroleh 78,57%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86%, sedang aktivitas belajar anak didik meningkat menjadi 92,86%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui permainan lari zig-zag di TK Wulele.
Copyrights © 2024