Jurnal Smart Paud
Vol. 7 No. `1 (2024): January 2024

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B

Pramudia, Iyan (Unknown)
Saranani, Muhammad Safiuddin (Unknown)
Dima, Damsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini sangat penting dilakukan karena kognitif berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B dengan jumlah 12 orang anak didik yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru dari 71% menjadi 92,86%, (2) Aktivitas belajar anak dari 71% menjadi 92,86%, (3) Hasil belajar anak dari 66,67% menjadi 91,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui media kartu kata bergambar pada anak TK kelompok B.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...