Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 3 (2024): Edisi Agustus 2024

PELATIHAN TARI KREASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI SENI TARI SISWA DI SDN 12 CAKRANEGARA

Lami'ah, Siti (Unknown)
Lestari, Fitri Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Pelatihan tari kreasi dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan apresiasi seni tari pada siswa di SDN 12 Cakranegara melalui metode pelaksanaan berupa pengabdian masyarakat. Tahap-tahap yang digunakan pada saat pelatihan tari yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Program ini melibatkan berbagai tahapan, termasuk pengamatan gerakan tari, latihan gerakan dasar, menghafal gerakan, dan penampilan tari secara berkelompok. Hasil dari pelatihan ini diukur melalui penampilan tari kreasi di SDN 12 Cakranegara pada 6 Juni 2024. Evaluasi menunjukkan bahwa peserta didik mampu menguasai dan menampilkan gerakan tari dengan baik, mendapatkan apresiasi positif dari penonton, serta menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan apresiasi seni tari. Pelatihan ini berfungsi sebagai sarana hiburan serta sarana edukasi dan pelestarian budaya, serta berhasil meningkatkan kesadaran dan kecintaan siswa terhadap seni tari tradisional. Program ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dan diperluas agar dampak positifnya dapat dirasakan oleh lebih banyak peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...