Mahira
Vol. 4 No. 1 (2024)

Permainan “Take Me Out” Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab

Susiani, Ika Wahyu (Unknown)
Muhammad, Darsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa agama dan bahasa komunikasi internasional. Pembelajarannya di institusi pendidikan Islam merupakan keharusan, demikian pula di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo. Di Prodi PAI, bahasa Arab dijadikan mata kuliah wajib dengan tujuan untuk membina serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks-teks berbahasa Arab. Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan kondisi pembelajaran yang positif, menarik, dan penuh semangat mengingat tidak semua mahasiswa tertarik belajar bahasa Arab ataupun memiliki kompetensi dasar bahasa Arab, bahkan sebagian mahasiswa mengeluh kesulitan memahami teks-teks berbahasa Arab. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh dosen untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan permainan “take me out” sebagai strategi dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan permainan “take me out”, implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Arab serta motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data utama diperoleh dari dosen bahasa Arab dan mahasiswa prodi PAI semester 3 yang berjumlah 16 anak dengan data berupa ucapan, tindakan, kegiatan pembelajaran serta segala sesuatu yang ditemukan peneliti terkait pembelajaran bahasa Arab dengan permainan “take me out”. Data-data tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan “take me out” cocok digunakan sebagai strategi dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan digunakannya permainan ini, motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa meningkat. Hal ini terbukti dari suasana pembelajaran di kelas yang menjadi lebih hidup serta mahasiswa lebih aktif dan antusias mengikuti setiap kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mahira

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MAHIRA : Journal of Arabic Studies is a journal orginazed by Department of Arabic Teaching, Faculty of Tarbiyah and published by Islamic Institute of Riyadlotul Mujahidin Ngabar. It only publishes original papers (no plagiarism) of literature and field research related to Arabic Studies . it focuses ...