WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 2 (2023)

Strategi Guru Dalam Pembelajaran Menghafal Juz Amma Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3

Iftitah, Selfi Lailiyatul (Unknown)
Habibah, Ummul (Unknown)
Sa'adah, Fira (Unknown)
Fitriani, Eka Helawati (Unknown)
Es, Isrowiyah Em (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Artikel ini membahas mengenai strategi yang diterapkan oleh guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 dalam proses pembelajaran menghafal Juz Amma bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai metode dan pendekatan yang efektif dalam membantu anak-anak menghafal Juz Amma, serta bagaimana guru dapat memotivasi dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa dalam menerapkan hafalan juz amma terhadap anak usia dini yakni menggunakan strategi pembelajaran metode menghafal yang dipadukan dengan akliyah (gerakan), dan selama pembelajaran berlangsung yakni memadukan kegiatan pembelajaran dengan nyanyian sehingga anak dapat merasa nyaman ketika sedang dalam proses belajar mengajar dalam kelas. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wisdom

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

WISDOM is a journal research published by Department of Early Childhood Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, the State Islamic Institute of Ponorgo. WISDOM is published regularly in June and December. WISDOM accepts articles with studies related to early childhood education. ...