WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 5 No. 1 (2024)

Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Stimulasi Perkembangan Intelektual AUD

Lestari, Endang (Unknown)
-, Rifa Suci Wulandari (Unknown)
Astuti, Cutiana Windri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Anak usia dini berkembang dengan baik jika diberikan stimulasi yang tepat. Salah satu kemampuan AUD yang perlu dipenuhi adalah kemampuan intelektual. Kemampuan intelektual ini dapat distimulasi melalui pembelajaran berbasis alam sebagai implementasi kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum Merdeka melalui pembelajaran berbasis alam sebagai stimulasi perkembangan intelektual AUD. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok A TK Ekasari Ds Krandegan kec kebonsari Kab Madiun. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam dapat menstimulasi perkembangan intelektual anak usia dini sebagai implementasi kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wisdom

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

WISDOM is a journal research published by Department of Early Childhood Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, the State Islamic Institute of Ponorgo. WISDOM is published regularly in June and December. WISDOM accepts articles with studies related to early childhood education. ...