Jurnal Pendidikan Humaniora
Vol 12, No 02: JUNE 2024

Efektivitas Program Layanan Bimbingan Klasikal dalam Mengembangkan Empati pada Mahasiswa

Cahyati, Siti (Unknown)
Rachmaniar, Ananda (Unknown)
Rayaginansih, Syari Fitrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Dalam pandangan profesi yang bersifat sosial seperti konseling dan psikoterapi, empati memainkan perananan penting sebagai jembatan untuk membagun hubungan terapeutik yang efektif sehingga konselor dapat memahami pengalaman klien, rendahnya tingkat empati akan secara nyata menunjukkan sifat yang merusak hubungan antara klien dengan konselor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari layanan bimbingan klasikal dalam mengembangkan empati mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Ma’soem angkatan 2023. Metode kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen one group pre-test post-test design digunakan dalam penelitian ini, jumlah populasi 42 mahasiswa dengan penggunaan sampel jenuh. Alat ukur yang digunakan adalah Empathy Scale for Prospective Counselor (ESPC) yang dikembangkan berdasarkan teori Segal (2018). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,875 dan nilai Thitung -,158 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara nilai pre-test dengan nilai post-test artinya layanan bimbingan klasikal tidak efektif untuk mengembangkan empati, Dengan demikian, pada penelitian ini H0 diterima dan H1 ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan humaniora baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan ...