Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 9 No 1 (2024): Maret

PENERAPAN METODE “EVERYONE IS A TEACHER HERE” TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TAUHID DALAM KITAB DURUSUL AQOID DINIYAH JUZ 2 DI MADRASAH TAKMILIYAH ZAIDUL ALI SUKOREJO SUKOWONO JEMBER

Jasuli, Jasuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode pembelajaran "Everyone Is A Teacher Here" dalam meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa pada mata pelajaran pembelajaran kitab Durusul Aqoid Diniyah Juz 2 Di Madrayah Takmiliyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember. Metode "Everyone Is A Teacher Here" merupakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang menempatkan setiap siswa dalam peran sebagai pengajar untuk berbagi pengetahuan mereka dengan teman-teman sekelas. Metodologi penelitian ini menggunakan kualilatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here dinilai mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa karena terbilang tidak menoton. Dari segi evaluasi metode ini mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakakan pendapat. signifikan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa lebih terlibat dalam diskusi kelas dan lebih percaya diri dalam berbagi pengetahuan mereka. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran juga meningkat, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata siswa dalam tes setelah penerapan metode ini. Respon siswa terhadap metode ini juga positif, dengan mayoritas siswa menyatakan bahwa mereka merasa lebih termotivasi dan senang belajar dengan metode ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...