Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober 2024

Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pendekatan System Thinking

Maulina, Lina (Unknown)
Casnan, Casnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan system thinking siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa SMA Negeri 1 Jalaksana kelas X M 6 dengan hasil tes masing-masing kategori 2 orang dengan kategori kemampuan pemahaman matematis tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMA Negeri 1 Jalaksana tergolong sedang. Hasil ini dapat dilihat dari hasil analisis terhadap 35 siswa diketahui bahwa terdapat 9 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi, 20 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang, dan 6 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan system thinking dapat digunakan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan faktor-faktor kesulitan belajar siswa, sehingga guru dapat mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan system thinking dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...