Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan system thinking siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa SMA Negeri 1 Jalaksana kelas X M 6 dengan hasil tes masing-masing kategori 2 orang dengan kategori kemampuan pemahaman matematis tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMA Negeri 1 Jalaksana tergolong sedang. Hasil ini dapat dilihat dari hasil analisis terhadap 35 siswa diketahui bahwa terdapat 9 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi, 20 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang, dan 6 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan system thinking dapat digunakan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan faktor-faktor kesulitan belajar siswa, sehingga guru dapat mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan system thinking dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024