Pandemi covid-19 sangat berdampak bagi masyarakat khususnya mahasiswa tingkat akhir dengan berbagai macam tugas akademik yang harus diselesaikan. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan dalam memelihara kondisi tersebut karena dukungan keluarga mampu membuat individu merasa nyaman, dicintai dan diperdulikan sehinggaindividu menjadi lebih mudah mengendalikan emosinya dengan baik supaya dapat mengatasi masalah dengan cara yang positif sehingga mampu bangkit dari permasalahan dan kondisi ini disebut resiliensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan resiliensi mahasiswa tingkat akhir pada pbm daring prodi s1 keperawatan stikes dian husada dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Sampel yang digunakan yaitu 65 mahasiswa tingkat akhir prodi S1 Keperawatan Stikes Dian Husada. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil analisis data penelitian ini yaitu diperoleh nilai signifikasi sebesar (0,000) dengan nilai standart signifikasi ρ0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,838 dengan arah korelasi positif (+). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang sangat kuat antara dukungan keluarga dengan resiliensi mahasiswa tingkat akhir pada proses belajar mengajar secara daring prodi s1 keperawatan stikes dian husada dimasa pandemi covid 19dan semakin baik dukungan keluarga maka semakin tinggi pula resiliensi individu tersebut.
Copyrights © 2023