Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Proses Pembelajaran Tematik Blended Berbasis Youtube Era Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah

Rahmawati, Syarifah Erma (Unknown)
Sutama, Sutama (Unknown)
Sutopo, Anam (Unknown)
Fuadi, Djalal (Unknown)
Minsih, Minsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Proses pembelajaran merupakan salah satu tahapan penting dalam pembelajaran. Proses pembelajaran perlu ditempuh melalui prosedur yang sistematis dan sistemik. Prosedur pembelajaran merupakan proses yang berurutan dalam membentuk kemampuan siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Sehingga, tujuan penelitian  ini  adalah untuk  mendeskripsikan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di MIM PK Kartasura, Jl. Slamet Riyadi No. 80 Kartasura, Sukoharjo, yang terhitung pada bulan Juni 2021 hingga Mei 2022.  Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian  kualitatif  deskriptif.  Subjek  yang  digunakan  dalam penelitian  ini adalah  kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas II dan siswa kelas II dengan jumlah 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik pada kegiatan pendahuluan diawali dengan guru membuka pelajaran dengan mengucap salam, guru menyapa peserta didik dengan menanyakan kabar, guru mengajak siswa untuk berdo’a muroja’ah dan tahfiz, dan guru melakukan apersepsi. Pada kegiatan inti meliputi; guru memberikan penjelasan materi melalui Youtube, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru memberi tugas, dan guru memberikan deadline pengiriman tugas. Kegiatan penutup diisi dengan guru memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan dan guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...