Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media video animasi berbasis KineMaster pada muatan IPA materi sistem pernapasan pada manusia kelas V SD N 15 Sitiung. Minimnya media pembelajaran yang menarik minat peserta didik menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Peserta didik memiliki karakter yang senang bermain game, menonton YouTube, tiktok bahkan membuat tiktok. Solusi yang dapat dilakukan oleh pendidik yaitu menghadirkan video animasi ke dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan paradigma 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil uji validasi media video animasi yang dilakukan oleh 3 ahli memdapatkan nilai rata-rata 88,6% yang termasuk kategori sangat valid, uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis dengan nilai rata-rata 83,7%, dan hasil efektifitas diperoleh skor rata-rata 93,4% dikategorikan sangat efektif. Hasilnya, media video animasi berbasis KineMaster yang dikembangkan sangat valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022