Media pop  up book merupakan media yang   mempunyai  daya  tarik  yang unik  menyajikan visualisasi  dengan  bentuk-bentuk  yang  dibuat  dengan memainakan gambar dan warna. Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan proses belajar siklus I, II, dan III. 3) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan media pop up book  untuk dalam membantu meningkatkan keteramilan menulis kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data  menggunakan Tes dan non tes. Hasil penelitian ini adalah  30 siswa dengan hasil belajar tuntas, terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus 1, dilanjutkan siklus 2 dan siklus 3, peningkatan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pop up book membuat peserta didik lebih antusias, menarik dan semangat mengerjakan soal sambil bermain.  Hasil belajar menunjukan adanya meningkatkan keterampilan menulis dan tingkat kreatifitas  peserta didik. Penelitian ini berdampak pada tingkat antusias siswa dan meningkatkan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024