Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Media Pembelajaran Inovatif : Desain Lembar Kerja Peserta Didik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Hardiansyah, Hadi (Unknown)
Asmawi, Umi Sumiati (Unknown)
Miftakhuddin, Miftakhuddin (Unknown)
Darmasnyah, Ady (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Desain lembar kerja peserta didik yang pada umunya digunakan oleh banyak sekolah dasar ternyata memiliki efetkitfitas yang minim dikelas, khususnya kelas yang telah mengadopsi sistem pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut peneliti bertujuan mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa lembar kerja peserta didik berbasis digital, yang di desain khusus agar bisa digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (researh and development) berdasarkan model Dick and Carey yang merupakan metode penelitian untuk mengembangkan rancangan produk, menguji efektivitas produk, sampai menghasilkan produk baru yang teruji validitasnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar yang dialami oleh peserta didik. Guru sebagai pengguna dari produk penelitian ini juga merasa terbantu karena memudahkan kegiatan belajar & mengajar. Serta hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan signifikan dari ujicoba sebelumnya. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa desain LKPD interaktif yang dikembangkan oleh peneliti mampu meningkatkan motivasi dan juga capaian belajar peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan di sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...