Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara bertujuan untuk menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Namun pada kenyataannya masih banyak satuan pendidikan yang berfokus pada hasil akademis dan prestasi dan mengesampingkan kodrat anak dimana anak mempunyai keunikan masing-masing. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan sistem among dan pendidikan humanis di satuan pendidikan secara konsisten dan komprehensif. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian di SD Negeri Purworejo didapatkan bahwa dengan penerapan sistem among dan pendidikan humanis, guru dapat membangun hubungan yang harmonis dengan siswa dan mendidik dengan kasih sayang, lebih mendekatkan diri dengan siswa dan memberikan perhatian secara penuh. Guru dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberikan kebebasan berekspresi dan berpendapat.
Copyrights © 2024