Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN YOGYAKARTA

Yuliana , Putri (Unknown)
Rigianti, Henry Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Saat mengerjakan soal penjumlahan bersusun peserta didik masih bingung ketika meletakan puluhan dan satuan dengan benar. Situasi seperti ini melatarbelakangi untuk meningkatkan kemampuannumerasi peserta didik dengan media papan jurang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) menggunkan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan subjek penelitian peserta didik kelas I dengan jumlah 25 orang di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini pada siklus 1 dengan hasil 72% di karenakan hasil belum memenuhi targetpenelitian ,maka penelitian dilanjutkan hingga siklus2. Hasil dari siklus 2 sebesar 100% dengan nilai rata-rata 92 hal ini adalah bahwa papan jurang bisa meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...