Peran Public Relations (PR) sangat penting dalam menangani krisis perusahaan untuk meminimalkan dampak negatifnya. Strategi PR dan manajemen krisis saling terkait karena PR bertanggung jawab atas komunikasi organisasi dengan pemangku kepentingan, baik dalam situasi normal maupun krisis. Tujuan penelitian ini bagaimana strategi Public Relations menagani krisis dalam pemulihan citra nama Perusahaan PT Jakarta Utilitas Propertindo dan apa saja hambatan yang akan dihadapi oleh Public Relations dalam pemulihan citra. Teori ini menggunakan Teori dari Cutlip and Centre. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe penelitian deskriptif dengan penggunaan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui in depth interview, observasi non partisipian, dan studi dokumentasi dengan unit analisis transkrip wawancara serta data-data yang dimiliki oleh Perusahaan. PT Jakarta Utilitas Propertindo (PT JUP) berhasil menangani dugaan isu pungli dengan menggunakan 4 prinsip strategi PR: Pencarian Fakta, Perencanaan, Tindakan & Komunikasi, dan Evaluasi.
Copyrights © 2024