Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan transformasional dalam manajemen kurikulum dan dampaknya terhadap pengembangan sekolah. Data dikumpulkan dari berbagai literatur menggunakan metode library research. Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional meningkatkan kualitas pendidikan melalui beberapa aspek penting: (1) Menginspirasi dan memotivasi guru serta staf untuk mengadopsi praktik terbaik, (2) Mengembangkan kurikulum yang fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan siswa dan lingkungan, (3) Menciptakan budaya sekolah yang kolaboratif dan inovatif, (4) Meningkatkan keterlibatan komunitas sekolah dalam pengembangan kurikulum. Kesimpulannya, kepemimpinan transformasional secara signifikan meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, mendorong pengembangan profesional guru, meningkatkan partisipasi komunitas sekolah, dan membentuk visi serta misi yang jelas untuk sekolah, yang mengarah pada motivasi dan kepuasan kerja yang lebih tinggi di kalangan guru serta meningkatkan keseluruhan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2023