Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM CERDAS PEMANTAUAN STRES MAHASISWA BERBASIS PERCEPTIONS OF ACADEMIC STRESS

I Komang Budi Mas Aryawan (ITB STIKOM Bali)
I Gusti Ngurah Putra Arimbawa (ITB STIKOM Bali)
I Gede Nyoman Agung Jayarana (ITB STIKOM Bali)
Igkg Puritan Wijaya Adh (ITB STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Tuntutan akademik yang tinggi, ujian, tugas, dan persaingan yang meningkat terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan hasil akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode faktor kepastian (certainty factor) pada sebuah sistem cerdas pemantauan stres mahasiswa dan mengetahui hasil pemantauan tersebut. Metode penelitian memiliki beberapa tahapan, yaitu: (1) Pengumpulan Data, (2) Pengembangan Sistem, dan (3) Evaluasi Sistem. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester akhir ITB STIKOM Bali dengan sampel penelitian sebanyak 95 orang. Hasilnya, pengujian fungsionalitas sistem menggunakan metode pengujian blackbox berfungsi sesuai harapan (valid). Selanjutnya, hasil pemantauan dengan melakukan diagnosa kategori stres pada sistem yang merujuk pada pernyataan Perceptions of Academic Stress (PAS) adalah sebagai berikut: kategori stres Perceptions of Workload and Examinations memiliki jumlah diagnosa terbanyak yaitu 45 orang atau 12% dengan nilai faktor kepastian (certainty factor) 91%, kategori stres Time Restraints 32 orang atau 34% dengan nilai faktor kepastian 78%, kategori stres Pressures to Perform 11 orang atau 12% dengan nilai faktor kepastian 86% dan kategori stres Self-perceptions 7 orang atau 7% dengan nilai faktor kepastian 85%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...