Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH FAKTOR FISIOLOGIS, KEBIASAAN BELAJAR, IKLIM KELAS, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 12 PADANG

Saputri, Najla Yulia (Unknown)
Eprillison, Vivina (Unknown)
Amelia, Mona (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh faktor fisiologis, kebiasaan belajar, iklim kelas, lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X melalui minat belajar sebagai variabel intervening pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 padang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Padang tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama faktor fisiologis berpengaruh signifikan terhadap minat. Kedua kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Ketiga iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Keempat lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat. Kelima faktor fisiologis berpengaruh signifikan terhadap prestasi. Keenam kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Ketujuh iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kedelapan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kesembilan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...