Masalah di kelas V SDN Pelambuan 1 termasuk rendahnya aktivitas dan konsentrasi siswa serta strategi pembelajaran yang kurang tepat. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model BALAMUT dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama empat sesi dengan 24 siswa (10 laki-laki, 14 perempuan). Data kuantitatif dan kualitatif diperoleh melalui tes tertulis dan observasi aktivitas serta konsentrasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: aktivitas guru meningkat dari skor 23 (cukup baik) menjadi 38 (sangat baik), aktivitas siswa dari 33% (kurang aktif) menjadi 96% (sangat aktif), dan konsentrasi siswa dari 25% (kurang konsentrasi) menjadi 96% (sangat konsentrasi). Hasil belajar juga meningkat: kognitif dari 38% menjadi 96%, afektif dari 8,33% menjadi 100%, dan psikomotorik dari 16,67% menjadi 100%. Kesimpulannya, model BALAMUT efektif dalam meningkatkan aktivitas, konsentrasi, dan hasil belajar siswa. Disarankan agar hasil penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk model pembelajaran yang dapat memperbaiki kualitas pengajaran.
Copyrights © 2024