Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

ANALISIS KERJASAMA SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH (PPTI) MALALO KABUPATEN TANAH DATAR

Susanti , Riri (Unknown)
Wahyuningsihy, Fitri (Unknown)
Febrianto, Romi (Unknown)
Sulastri, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Persamalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penerapan kedisiplinan di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Terlihat bahwa santri sering bolos dalam jam pelajaran , cabut dan sering nongkrong di warung masyarakat sekitar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kedisiplinan belajar santri di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo, bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan santri dan upaya sekolah dalam melibatkan masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan belajar santri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurangnya kedisiplinan belajar santri yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dari dalam dan luar sekolah. Faktor dari dalam yaitu sebagian majelis guru yang kurang disiplin menyebabkan siswapun menjadi tidak disiplin, kurangnya ketegasan dari pimpinan sekolah kepada guru dan siswa yang tidak disiplin. Faktor dari luar yaitu tidak adanya teguran dari masyarakat yang melihat santri yang bolos saat jam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...