Menurut Noviatika et al., pada 2019 keterampilan pemecahan yang dimiliki oleh peserta didik di SMAN 2 Mataram berada dalam kategori rendah karena kurangnya tingkat pemahaman peserta didik mengenai konsep-konsep fisika. Pembelajaran fisika berorientasi pada keterampilan pemecahan masalah dapat diintegrasikan melalui pembelajaran etnofisika yang memiliki keterkaitan antara kebudayaan atau kearifan lokal dengan konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA pada materi gelombang bunyi terintegrasi etnofisika gamelan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek 72 peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan SPSS untuk memperoleh data keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Profil keterampilan peserta didik menggunakan instrumen penilaian menunjukkan hasil sebagai berikut: sebanyak 15% memiliki tingkat keterampilan pemecahan masalah yang sangat rendah, 8% rendah, 47% sedang, 15% tinggi, serta 14% sangat tinggi. Aspek pemecahan yang masih rendah ada pada aspek check and evaluate dan yang paling tinggi ada pada aspek visualize the problem.
Copyrights © 2024