Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA TERINTEGRASI ETNOFISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Alfiah, Lina Christi (Unknown)
Wasis, Wasis (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Menurut Noviatika et al., pada 2019 keterampilan pemecahan yang dimiliki oleh peserta didik di SMAN 2 Mataram berada dalam kategori rendah karena kurangnya tingkat pemahaman peserta didik mengenai konsep-konsep fisika. Pembelajaran fisika berorientasi pada keterampilan pemecahan masalah dapat diintegrasikan melalui pembelajaran etnofisika yang memiliki keterkaitan antara kebudayaan atau kearifan lokal dengan konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA pada materi gelombang bunyi terintegrasi etnofisika gamelan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek 72 peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan SPSS untuk memperoleh data keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Profil keterampilan peserta didik menggunakan instrumen penilaian menunjukkan hasil sebagai berikut: sebanyak 15% memiliki tingkat keterampilan pemecahan masalah yang sangat rendah, 8% rendah, 47% sedang, 15% tinggi, serta 14% sangat tinggi. Aspek pemecahan yang masih rendah ada pada aspek check and evaluate dan yang paling tinggi ada pada aspek visualize the problem.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...