Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak didik belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penerapan Game Edukasi Belajar Angka berbasis android. Tujuan penelitian ini mengkaji pengaruh Game Edukasi Belajar Angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS ver 25. Dari hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 21,313 lebih besar dari ttabel = 2,145 dengan sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan Game Edukasi Belajar Angka berbasis android. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh Game Edukasi Belajar Angka berbasis android terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Bunda Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan sebesar 52,94%.
Copyrights © 2024