Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENCIPTAAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA DI SDI YADINU MASBAGIK LOMBOK TIMUR

Thoriq Halmar (Universitas Hamzanwadi)
Habibuddin Habibuddin (Universitas Hamzanwadi)
Arif Rahman Hakim (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk penciptaan kultur sekolah di SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur, (2) menjelaskan upaya sekolah dalam menciptakan kultur sekolah untuk membentuk sikap disiplin siswa SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur, (3) merefleksikan implementasi penciptaan kultur sekolah dalam membentuk sikap disiplin siswa di SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDI Yadinu Masbagik dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) bentuk penciptaan kultur sekolah di SDI mencakup penanaman nilai-nilai keagamaan dan akhlak yang baik sebagai fondasi, dengan melibatkan seluruh warga sekolah, seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kegiatan rutinitas, seperti upacara bendera, imtaq, dan senam pagi. (2) Upaya sekolah dalam menciptakan kultur disiplin melalui integrasi nilai-nilai disiplin dalam setiap aspek kegiatan program sekolah, dengan semua warga sekolah berperan aktif. (3) implementasi penciptaan kultur sekolah disiplin dilakukan melalui program rutin yang terstruktur dan konsisten.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...