Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA, BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR MATERI IPA PENDEKATAN SAINTIFIK (PBL), SNOWBALL THROWING, PICTURE AND PICTURE SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN

Yunita Sari (Universitas Lambung Mangkurat)
Amberansyah Amberansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Zain Ahmad Fauzi (Universitas Lambung Mangkurat)
Dessy Dwitalia Sari (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2024

Abstract

Rendahnya aktivitas, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa dalam riset ini menjadi permasalahan. Ini disebabkan pembelajaran yang terkesan membosankan, pembelajaran satu arah, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, serta terbatasnya penggunaan berbagai model dan media pembelajaran. Model Problem Based Learning Snowball Throwing dan Picture and Picture dapat digunakan sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut. Riset ini bertujuan guna mengkarakterisasi tindakan guru, mengkaji peningkatan aktivitas siswa, menilai kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengevaluasi tujuan pembelajaran siswa. PTK digunakan dalam riset ini dan diterapkan dalam 4 kali pertemuan. 9 anak kelas 4 SDN 2 Pangeran 2 perempuan dan 7 laki-laki, berpartisipasi dalam riset ini selama semester kedua tahun ajaran 2023–2024. Metodologi riset ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui penilaian tertulis yang diberi pada siswa baik secara individu dan kelompok, serta melalui pengamatan terhadap aktivitas instruktur dan siswa serta kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...