Rendahnya aktivitas, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa dalam riset ini menjadi permasalahan. Ini disebabkan pembelajaran yang terkesan membosankan, pembelajaran satu arah, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, serta terbatasnya penggunaan berbagai model dan media pembelajaran. Model Problem Based Learning Snowball Throwing dan Picture and Picture dapat digunakan sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut. Riset ini bertujuan guna mengkarakterisasi tindakan guru, mengkaji peningkatan aktivitas siswa, menilai kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengevaluasi tujuan pembelajaran siswa. PTK digunakan dalam riset ini dan diterapkan dalam 4 kali pertemuan. 9 anak kelas 4 SDN 2 Pangeran 2 perempuan dan 7 laki-laki, berpartisipasi dalam riset ini selama semester kedua tahun ajaran 2023–2024. Metodologi riset ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui penilaian tertulis yang diberi pada siswa baik secara individu dan kelompok, serta melalui pengamatan terhadap aktivitas instruktur dan siswa serta kemampuan berpikir kritis.
Copyrights © 2024