Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA YADIKA 11 JATIRANGGA KOTA BEKASI

Sherlin Tri Kusumawati (Universitas Indraprasta PGRI)
Susiati Susiati (Universitas Indraprasta PGRI)
Christine Masada H. T (Universitas Indraprasta PGRI)
Burju Ruth (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Keadaan emosi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini terbukti jika siswa tidak mampu mengelola emosi dengan baik maka emosi buruknya akan menganggu kegiatan belajar siswa di karena kan menjadi tidak memiliki dorongan atau motivasi di dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Yadika 11 Jatirangga Kota Bekasi. Teknik pengambilan sampel dengan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji liniearitas dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 29.0.2.0 (20) for windows. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar kekuatan korelasinya rendah dengan nilai 0,220 dan tingkat signifikansi = 0,000 < 0,05. Hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar sebesar 20% sisanya sebesar 80% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Yadika 11 Jatirangga Kota Bekasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...