Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media dadu bergambar materi penyajian data piktogram siswa kelas 4 SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat masalah yang dialami oleh peserta didik yaitu rendahnya hasil belajar dengan KKM 75. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peningkatan persentase hasil belajar kognitif peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I meningkat dari 8 menjadi 18 peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 81,3. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM mencapai 25 peserta didik dengan rata-rata 88,5. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024