Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervise akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru sekolah dasar negeri 7 kabupaten aceh utara, serta menganalisis hambatan-hambatan yang ditemui ketika melakukan supervisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun hassl dari penelitian ini adalah: 1.Supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara meliputi: a) Tahap perencanaan supervisi. b) Tahap pelaksanaan supervisi yang dilakukan dua kali di semester ganjil dan semester genap. c) Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah. 2) Hambatan yang ditemukan di supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara antara lain adalah; a.Tidak tepatnya waktu pelaksannan supervisi akademik karena kepala sekolah ada agenda yang mendadak; b) Berubahnya pola pembelajaran saat adanya jadwal supervisi; c) Ketidak mampuan guru dalam mengelola kelas; d) Guru butuh beradaptasi pada proses belajar dan mengajar karena adanya siswa heterogeny; e) Kurangnya sarana dan prasarana, utamanya komputer dan proyektor serta faktor senioritas.
Copyrights © 2024