Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa kelas VII SMPN 8 Sungai Penuh. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa yang diajarkan menggunakan model picture and picture adalah 88,85 dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). Kedua, nilai rata-rata tes penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional adalah 68,85 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa kelas VII SMPN 8 Sungai Penuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai thitung > ttabel (9.296 > 1.667). Dengan demikian H1 diterima sedangkan H0 ditolak.
Copyrights © 2024