Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

UPAYA GURU UNTUK PEMBIASAAN PERILAKU DISIPLIN PADA ANAK DI TK BANDARA KUBURAYA

Gita Arimbi (Universitas Tanjungpura)
Halida Halida (Universitas Tanjungpura)
Annisa Amalia (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membiasakan anak berperilaku disiplin di TK Bandara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru di TK Bandara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya yang dilakukan guru di Taman Kanak-Kanak Bandara adalah kebiasaan yang rutin, spontan dan keteladanan, dimana anak berdoa, memperingatkan, bersalaman, menaruh sepatu di rak, dan datang tepat waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin secara rutin, 2. Upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin secara spontan, 3. Upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin dengan memberi contoh. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah anak terbiasa dengan perilaku disiplin dan tahu cara menaati aturan yang telah disepakati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...