Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Langkah-langkah bimbingan belajar bagi peserta didik yang mengalami kesulitan matematika di SD Muhammadiyah 2) Hambatan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika di SD Muhammdiyah, 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan matematika di SDN Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah bimbingan belajar bagi peserta didik yang mengalami kesulitan matematika: a) Identifikasi kasus, (1) melalui hasil belajar, (2) cara menyelesaikan soal yang diberikan guru, b) Identifikasi masalah, kesulitan matematika, c) diagnosis, kurangnya minat belajar, d) prognosis kesulitan matematika dapat diatasi, e) pemecahan masalah bimbingan belajar kelompok cocok untuk peserta didik, f) evaluasi dan tindak lanjut, kegiatan bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 2) hambatan belajar matematika: a) Kurangnya media belajar, b) kelemahan berhitung peserta didik, 3) upaya yang dilakukan guru: a) memanfaatan benda-benda sekitar, b) memberikan soal sesuai kemampuan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024