Pendidikan dasar memainkan peran krusial dalam membentuk fondasi individu dan masyarakat. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, literasi dan numerasi menjadi fokus utama yang esensial. Peningkatan literasi dan numerasi tidak hanya memberikan dasar yang kokoh bagi pengembangan individu, tetapi juga merupakan kunci untuk kemajuan pendidikan nasional. Namun, hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa capaian literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia masih memerlukan perbaikan signifikan. Salah satu strategi yang diidentifikasi sebagai efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik adalah pembelajaran berdiferensiasi. Strategi ini mengakomodasi kebutuhan dan keberagaman peserta didik, sehingga setiap peserta didik mendapatkan kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi berbagai studi terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur kualitatif, yang menganalisis temuan-temuan dari berbagai penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, tetapi juga meningkatkan semangat belajar dan inklusivitas di dalam kelas. Analisis statistik dari penelitian-penelitian tersebut juga memperkuat efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Oleh karena itu, implementasi pembelajaran berdiferensiasi direkomendasikan sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar di Indonesia.
Copyrights © 2025