Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 1 (2025)

Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Pendekatan Filosofis untuk Pendidikan Karakter

Astuti, Wiji (Unknown)
Thohir, M. Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Permainan tradisional di Indonesia merupakan bagian penting dari warisan budaya yang mengandung nilai-nilai luhur seperti kerja sama, kejujuran, dan disiplin. Namun, dalam konteks pendidikan modern, integrasi permainan tradisional dalam kurikulum sekolah dasar sering terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi permainan tradisional dapat memperkuat pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest. Sampel diambil secara acak dari 1 kelas di SDN Mergosono 3, dan data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi partisipatif, dan wawancara dengan guru dan siswa. Intervensi dilakukan dengan mengintegrasikan permainan tradisional dalam kegiatan pembelajaran, diikuti dengan diskusi tentang nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek-aspek pendidikan karakter, termasuk kerja sama dan kejujuran, setelah intervensi. Observasi dan wawancara mendukung temuan ini, dengan perubahan positif dalam perilaku siswa dan peningkatan partisipasi dalam kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pendidikan karakter dan memperkuat hubungan antar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...