Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Arief A, Mochamad (Unknown)
Joharmawan, Ridwan (Unknown)
Yulistiadi, Gaguk (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Permasalahan yang ada pada Siswa kelas 7.2 yaitu model pembelajaran yang masih sering menggunakan model ceramah ataupun masih menggunakan cara mengajar yang konvensional yang mengakibatkan siswa merasa bosan disaat pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas 7 SMPN 30 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain terkontrol pretest-posttest. Sampel penelitian yang digunakan (PTK) penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. 1 siklus dilakukan sebagai kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PjBL dan 1 siklus kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. pada pembelajaran suhu dan kalor melalui model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam hal motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Temuan ini mengidikasikan bahwa penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta hasil belajar mereka. Kajian ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian yang lebih komprehensif yang mencakup jumlah sekolah dan subjek penelitian yang lebih banyak agar diperoleh generalisasi lebih kuat mengenai pengaruh PjBL terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...