Dalam penelitin ini penulis menganalisis tentang kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir untuk mengetahui pola kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan karakteristik cara berpikir. Adapun jeniss penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, angket karakteristik cara berpikir, dan wawancara. Instrumen soal yang digunakan sudah diuji realibilitas, validitas, daya beda yang telah divalidasi oleh validator ahli. Angket karakteristik dan pedoman wawancara pun sudah diuji validitas oleh validator ahli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 24 Semarang tahun pelajaran 2023/2024, sampel pada penelitian ini yaitu VIII C SMP 24 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Hasil dari penelitian ini adalah pola kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa yang dibagi menjadi 4 kategori, yaitu SK, SA, AA, dan AK. Ktegori SK dan SA memiliki 3 pola kemampuan berpikir kreatif, sedangkan kategori AA dan AK terbagi menjadi 2 pola kemampuan berpikir kreatif. Jadi, kesimpulan pada penelitian ini adalah siswa dengan kategori SK, SA, dan AA memiliki kemapuan berpikir kreatif yang bagus, sedangkan AK memiliki kemampuan berpikir kreatif yang kurang.
Copyrights © 2024