Mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Hal tersebut juga dialami oleh mayoritas peserta didik, termasuk peserta didik kelas XI G-2 SMAN 15 Surabaya. Dari hasil observasi menggunakan angket minat memperoleh rata-rata mencapai 2.41 dengan kategori rendah. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal dengan hasil belajar yang cukup rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik kelas XI G-2 SMAN 15 Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran tipe make a match dengan strategi chalk and talk. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI G-2 SMAN 15 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada pra tindakan, rata-rata minat belajar peserta didik mencapai 2.41 dengan kategori rendah. Pada siklus I, rata-rata minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan mencapai 3.41 dengan kategori sangat baik. Pada siklus II, rata-rata minat belajar peserta didik mengalami peningkatan yang cukup baik dengan mencapai 4.08 kategori sangat baik. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tipe make a match dengan strategi chalk and talk dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI G-2 SMAN 15 Surabaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024