Berpikir reflektif telah muncul sebagai penekanan yang signifikan dalam pendidikan matematika. Namun demikian, kapasitas berpikir reflektif masih terbatas dan memerlukan peningkatan, salah satu pendekatannya adalah penerapan model pembelajaran yang efisien. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR) guna mengetahui model pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Pengambilan data artikel dilaksanakan dengan memanfaatkan database seperti Google Scholar, Sinta, dan Semantic Scholar. Dari hasil penelusuran, terpilih 19 publikasi penelitian. Studi-studi ini diterbitkan antara tahun 2017 dan 2024 dan mencukupi kriteria inklusi. Data tersebut kemudian diperiksa melalui tiga tahap berbeda: perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Temuan analitis menunjukkan kemanjuran pendekatan pembelajaran tertentu dalam menaikkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Data tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian perihal model pembelajaran yang bertujuan guna menaikkan berpikir reflektif matematis mencapai puncaknya pada tahun 2019. Penelitian tersebut banyak dilakukan pada tingkat menengah dan dipublikasikan pada publikasi yang memiliki sertifikasi Sinta 4.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024