Tujuan penelitian ini untuk meninjau kembali peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pendekatan etnomatematika dari sekian artikel penelitian relevan secara komprehensif dan mendalam. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yang meliputi lima tahap: definisi masalah penelitian, pengumpulan data, proses pengkodean, analisis statistik, dan presentasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai effect size termasuk dalam tiga kategori: kecil, besar, dan sangat besar, yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pendekatan etnomatematika. Selain itu, hasil perhitungan uji dua rata-rata juga dapat ditemukan. bahwa 6,027 = thitung > ttabel = 1,96 maka Ho ditolak. Artinya mean kelompok percobaan lebih baik dari kelompok kontrol. Dengan begitu, terdapat pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pendekatan etnomatematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024