Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 3 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 3 Tahun 2024

Pengembangan E-Modul Matematika untuk Pembelajaran Remedial pada Materi Bilangan

Safrina, Khusnul (Unknown)
Darwani, Darwani (Unknown)
Susanti, Susanti (Unknown)
Nurfaiza, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran remedial sering terkendala diakibatkan oleh terbatasnya waktu dalam proses pelaksanaanya dan memaksa untuk adanya antisipasi dengan memanfaatkan media yang ada. Hal ini dapat diminimalisir dengan menyediakan modul sebagai perantara penyampaian pembelajaran remedia. Sayangnya, ketersediaan modul pembelajaran yang menfokuskan pada pembelajaran remedial masih jarang ditemui dan dirasa perlu untuk dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan e-modul matematika untuk pembelajaran remedial. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat tingkat kevalidan dan kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D dengan model pengembangan 4-D yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian diperoleh gambaran terhadap proses pengembangan e-modul melalui empat tahap tersebut. Selain itu, diperoleh tingkat kevalidan e-modul yang dikembangkan berkategori valid berdasarkan hasil penilaian validator yaitu aspek kelayakan isi dengan persentase 90%, aspek kebahasaan 94,4%, aspek penyajian 90,6%, dan aspek evaluasi 88,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...